Pengertian, Macam dan Contoh Kalimat Clause Bahasa Inggris

Pengertian Clause

Clause adalah kelompok kata yang mengandung subject dan predicate. Clause mungkin berupa sentence (dapat berdiri sendiri sebagai suatu kalimat: independent clause) atau seperti sentence (tidak dapat berdiri sendiri: dependent clause) yang berada di dalam complex sentence

Contoh Clause:

clause

Independent Clause

Independent clause dapat berdiri sendiri sebagai suatu kalimat. Tipe kalimat yang terdiri dari satu independent clause disebut simple sentence. Klausa ini dapat pula dikombinasikan dengan independent clause yang lain untuk membentuk compound sentence (digabungkan oleh coordinate conjunction: for, and, nor, but, or, yet, so; adverbial conjunction (however, rather, therefore, dll); atau hanya semicolon).

Contoh Independent Clause:

Macam Contoh Kalimat
Simple Sentence The ceremony started at 07.00 a.m.
(Upacara mulai jam tujuh pagi.)
She prefer mango to orange.
(Dia lebih suka mangga daripada jeruk.)
Compound Sentence I like that bag, but I have no money.
(Saya suka tas itu, tapi saya tidak punya uang.)
She’s not bad; rather, she’s very kind.
(Dia tidak jahat. Malahan dia sangat baik.)
You’ve already finished my task; you can go home early.
(Kamu sudah menyelesaikan tugas, jadi kamu bisa pulang lebih cepat.)

Dependent Clause

Dependent clause mengandung subject dan predicate  namun tidak dapat mengungkapkan suatu pikiran yang utuh karena klausa ini diawali oleh suatu kata (subordinator) yang menyebabkan makna dari klausa tersebut menggantung. Klausa ini harus dihubungkan (membentuk complex sentence) atau disatukan dengan independent clause  untuk menjadikannya “make sense” atau dapat dipahami maknanya sebagai kalimat yang utuh. Ada tiga dependent clause dasar, yaitu: noun clause, adjective clause, dan adverbial clause. Penjelasan singkat dan contohnya sebagai berikut.

Macam Clause Penjelasan Contoh Kalimat
Noun Clause Klausa ini berfungsi seperti noun atau pronoun (subject, subject complement, object) di dalam suatu kalimat. That today is my birthday is not right.
(Tidak benar bahwa hari ini ulang tahun saya.)
Adjective Clause Baik adjective, maupun adverbial clause digunakan bersama independent clause (berperan sebagai main clause) untuk membentuk complex sentence. Adjective clause berperan seperti adjective yang menerangkan noun atau pronoun pada main clause, sedangkan adverbial clause menerangkan verb, adjective, atau adverb pada main clause. People who chew well may have healthy digestion.
(Orang yang mengunyah dengan baik mungkin punya pencernaan yang sehat.)
Adverbial Clause You were sleeping when she arrived.
(Dia tiba ketika kamu sedang tertidur.)

Elliptical Clause

Elliptical clause adalah dependent clause yang satu atau lebih elemen penyusunnya dihilangkan karena dianggap sudah dimengerti (understood). Biasanya elemen yang dihilangkan berupa subject dan/atau verb atau relative pronoun.

Contoh Elliptical Clause:

When you are in love, keep your mind sharp. (Ketika jatuh cinta, jaga pikiranmu tetap tajam.)

Exercises:

Related Posts:

Semoga penjelasan materi clause (klausa dalam bahasa Inggris) ini bermanfaat dan mohon maaf jika ada kekurangan.

References:

  1. Clauses: the Essential Building-Blocks. http://grammar.ccc.commnet.edu/grammar/clauses.htm. Accessed on March 7, 2013.
  2. Clause. http://grammar.about.com/od/c/g/clauseterm.htm. Accessed on March 7, 2013.

Posted by Wilma Yulia

Share This Page:

18 thoughts on “Pengertian, Macam dan Contoh Kalimat Clause Bahasa Inggris”

  1. kak kapan sih kita menggunakan ‘that’ clause dan enggak? misal :
    -I thought she was going to enroll the course.
    -I thought that the authorities were going to investigateall allegations of fraud.

    1. Clause itu kan bisa kalimat utuh Immang (independent clause)..kalo mau buat kalimat ya itu clause hehe… kalo dependent clause untuk memodifikasi kalimat agar gak melulu kalimat sederhana (simple sentence), bisa juga untuk modifikasi noun (jadi noun phrase).

  2. thank you Wilma, saya ga ingat pertanyaan di atas apa saya yang ngirim atau orang lain yang punya nama sama dengan saya, bagaimanapun juga jawaban di atas menjawab pertanyaan sama yang juga saya pikirkan, jadi terima kasih :)

    1. Ooo gitu, memang dari cara penulisan nama dan cara bertanyanya udah ada sedikit feel kalau saya rasanya kenal postingan tsb, tapi udah betul2 ga’ ingat kapan ngirimnya. Btw, saya boleh download materi-materi di situs ini ? kaya’nya mudah dipelajari, dan nyari materi yang diinginkan juga lebih gampang karena disusun berdasarkan abjad,

      1. berasa deja vu ya :D

        Bebas..download aja Irsyad :) gak perlu izin kok… kalo ada yang mau didiskusikan jangan segan ya :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *