Contact

Jika kamu ada pertanyaan, saran, atau kritik tentang wordsmile.com, silakan layangkan email ke wordsmile@mail.com.

62 thoughts on “Contact”

  1. Hallo kak^^ sebelumnya salam kenal…
    Kak boleh minta email kk? Ada yg ingin saya bicarakan^^

    1. Wilma Yulia says:

      Yang mengemukakan teori noun phrase Surya? pencetusnya saya juga ga tau Surya :( saya hanya menulis dari beberapa referensi. Wah buat skripsi tentang noun phrase ya..semoga lancar ya ^^

  2. Kakak jual buku ga? Atau saran buku yg bagus utk belajar bahasa inggris? Makasih ya kak sdh berbagi ilmu :)

    1. Wilma Yulia says:

      Maaf Shavira baru balas :( Saya ga jual buku Shavira, dan buku yang bagus saya kurang tau juga karena gak ada yang spesifik saya baca (dari books.google.com). Nah kalo website English baru saya bisa kasih referensi :D favorit saya antara lain dictionary.cambridge.org, oxfordlearnersdictionaries.com, dan learnersdictionary.com. Itu website grammar / kamus untuk pelajar hehe.

  3. singgih amri rambe says:

    HALLO kak..
    facebook kak ada tidak atau dari gmail saya kirim pesan biar saya lebih paham tentang bahasa inggris :)

    1. Wilma Yulia says:

      Maaf Singgih saya tidak aktif di fb dan gmail untuk urusan pekerjaan. Lewat sini saja ya :)

  4. Hi mbak Wilma boleh minta nomor WhatsApps nya ga? Saya mau beljar bahasa inggris setiap saat dan dimana saja sepertinya akan lebih efektif dengan WhatsApp. Terima kasih.

    1. Wilma Yulia says:

      maaf Bagus lewat sini aja ya, lebih ke handle disini :)

  5. Kak, cuma mau bilang terima kasih sudah bikin blog ini. Lengkap banget dari paling dasar sampai yg paling susah. Semoga sukses terus ya kak, jangan berhenti ngepost nya karna saya hampir setiap hari pasti buka blog ini. Sekarang lagi memperdalam tenses dan dari semua website/blog yg pernah saya buka punya kakak paling lengkap.
    Semoga ke depannya di perbanyak quiz2 nya kak jadi bisa belajar lagi
    Terima kasih banyak kak.

    1. Wilma Yulia says:

      Sama-sama Mia..makasih juga ya sudah repot-repot kasi feedback, dukungan, dan sarannya untuk website super sederhana ini =’) saya juga masih butuh banyak belajar banget, semoga kemampuan bahasa Inggris kita terus meningkat ya, gak bosen belajar bahasa Inggris :D semoga kamu lancar terus belajarnya ya :) I wish you all the best :)

  6. Kak.. mau tanya boleh ? Aku baru belajar banget tata bahasa inggris padahal udah lulus sma. Aku udah liat sekilas beberapa bahasannya di blog kaka, tapi aku gak ngerti kak harus mulai belajar dari mana ? :(
    Mohon di bantu~ terimakasih

  7. Assalamualaikum kak..
    Terima kasih atas websitenya yang sangat bermanfaat untuk saya.
    kak, saya mau menanyakan tentang materi adjective of urgency.
    bisa lihat di judul yang mana ya kak?
    Terima Kasih
    Wassalamualakum

  8. Alex Saputra says:

    Assalamualaikum
    Halo kak Wilma, boleh sharing lebih intens ng’gak kak? Kalau boleh tolong kontak saya lewat e-mail ya kak..
    Saya soalnya suka belajar eang ng’gak terlalu formal..

    Dan makasih atas semua materi”nya kak, sangat membantu sekali, apalagi buat seperri saya eang jadi maba Pend. Bahasa Inggris..

    1. Wilma Yulia says:

      waalaikumssalam Alex

      Makasih juga ya uda berkunjung dan meninggalkan komen :)

      dulu ada via email Alex..tapi kalo sekarang belum sanggup lagi euy handlenya, lewat sini aja ya :)

  9. Rifki Firdaus says:

    Assalamu’alaikum kak. Sebelumnya saya apresiasi banget nih kak websitenya. Luarbiasah banget. Namun nih kak, saya ingin belajar disini tapi bingung mau mulainya dari mana kak. hehe. kalau bisa sih kak dibuatin learning track buat belajar bahasa inggris nya kak, dari paling dasar ke paling advance. karena nih kak, kebanyakan yang membuat orang tuh suka susah dalam belajar itu adalah tidak nguasain dasarnya kak. hehe overall Good Job ya kak, Semoga Berkah.

    1. Wilma Yulia says:

      Wa’alaikumussalam Rifki..makasih juga ya kunjungannya dan mau repot2 kasih apresiasi :)
      sebenarnya saya juga agak bingung kalo diminta bikin learning track yang detail Rifki. Saya cenderung mengarahkan untuk belajar materi yang biasa di TOEFL dulu, siapa tau pembaca jadi bisa melihat gambarannya dan memantik ketertarikan juga untuk menelusuri materi lebih rincinya. Mungkin bisa kamu lihat di https://www.wordsmile.com/frequently-asked-questions no. 1. Saya sudah mulai sih masuk ke materi paragraph, tapi lagi mandek hehe…jadi coba lihat-lihat word-sentence level dulu. Semoga membantu dan jangan segan untuk diskusi lagi :)

  10. Dewa Atmodihardjo says:

    Mba punya versi offlinenya ga? Misal dalam bentuk cd atau download bentuk pdf. Terimakasih karna sangat membantu

    1. Wilma Yulia says:

      ngga ada Dewa ;( lagian kadang2 ada perubahan juga :)

  11. Gita Nur Azizah says:

    Sangat membantu. Trmksh

    1. Wilma Yulia says:

      sama-sama Gita :)

  12. Terima kasih banyak mbak wilma yulia, saya sebagai pelajar sejauh ini sangat terbantu adanya website ini, terima kasih banyak sudah berbagi
    Dan semoga bisa terus bermanfaat ya ☺

    1. Wilma Yulia says:

      Sama-sama Rifqi makasih juga ya feedbacknya..kalau ada yang mau didiskusikan jangan segan-segan ^^ Semoga kita bisa sukses meningkatkan kemampuan bahasa Inggris

  13. cuma bisa ucapin terimaksih banyak, websitenya sangat bermanfaat, hanya saja pemula seperti saya masih bingung mulai dari mana! thanks for sharing! god will be reciprocate your kindness!

  14. Halo Kak, boleh enggak kpn2 dibikin urutan gitu artikel dari awal ampe akhir–dari pemula ke tingkat mahir¿ Soalnya pemula seperti saya ini pengen belajar Bahasa Inggris secara autodidak. Sy jd bingung mau mulai dari mana.

    Makasih ya.

  15. Hanto Sugiarto says:

    Website yang bagus dan berguna, sangat membantu bagi para pelajar, mahasiswa dan umum yang ingin mendalami lebih lanjut mengenai bahasa Inggris.

    Terima kasih sudah berbagi.

    1. Wilma Yulia says:

      Sama-sama Hanto..terimakasih ya feedbacknya, sangat berarti buat saya. Semoga kemmampuan bahasa Inggris kita semua terus meningkat ya ^^

  16. Hi kak wilma..
    Mau tanya nih, kalau dalam bahasa inggris nama SMA ditulis bagaimana ya ?
    Misal nama SMA
    – SMA 13 Citra Makassar
    – SMK PGRI 5 Makassar
    Mohon bantuannya ya kak ??

    1. Wilma Yulia says:

      saya malah baru tahu kalo nama sekolah aturan indo perlu diInggriskan hehe..maaf Qiqy kurang tahu.

  17. Yusuf Fazeri says:

    Hallo kak Wilma Yulia :D , ada yang ingin saya tanyakan mengenai noun. Yang menjadi pertanyaannya adalah bagaimana kita bisa menentukan dengan mudah apakah noun itu masuk dalam countable/uncountable ? Apa yang menjadi parameternya?? seperti gula (sugar) itu termasuk uncountable. Apakah karena gula (sugar) tidak mudah untuk dihitung hehehhe :D

  18. kak wilma yulia,blog kaka dan materi nya bagus banget,terima kasih ka:-D

    dan aku mau juga mau tanya apakah ada materi kaka berformat pdf??trima kasih

    1. Wilma Yulia says:

      halo Sid..makasi ya uda baca-baca dan ninggalin feedback :D

      Format pdf lum ada sih tapi kalo kamu butuh bantuan tentang materi apa-apa gitu bilang aja, mungkin bisa saya bantu kompilasi :)

  19. Yudha Pradana says:

    Good job Wilma Yulia! Saya salut dengan orang2 seperti Anda yang secara sukarela membagi ilmunya. Btw, saya sendiri berencana mengikuti jejak Anda, tapi di bidang dan subjek berbeda. Karya Anda disini sangat membantu saya dalam mengerjakan subjek saya tentang materi tes PKN STAN. If u read this, please check your email!

    Btw, kita sama2 dari Bandar Lampung

    1. Wilma Yulia says:

      Makasih Yudha apresiasinya (wah ada sesama dari lampung).. memang berbagi itu menyenangkan ya?
      semoga kamu juga lancar ya nyusun materi PKN nya ^_^ btw saya cek imel emang ada apa ya? maaf ya lambat balasnya

  20. DZUL FAHMI says:

    Salam Kak Wilma Yulia

    Aku adalah orang yang baru aja membulatkan tekad belajar Bahasa Inggris sekitar 2 bulan lalu. Selain ikut kursus kecil-kecilan, aku juga baca buku grammar secara otodidak. Terkadang aku juga melampiaskan dahaga keingintahuanku tentang Inggris melalui googling.

    Dan gak sengaja aku nemuin web Kakak wordsmile.com. Bukan bermaksud basa basi, sungguh saya menyesal kenapa baru mengetahui ada web sebagus ini. Grammar English yang bagi sebagian orang membosankan itu, di tangan Mbak menjadi begitu gurih. Saya jadi ingin belajar lebih intens dengan mbak. Membaca materi materi yang mbak tulis. Dan tentu saja, bertanya jawab jika memang mbak berkenan.

    Maka jika mbak berkenan memberikan nomor Whatsapp mbak ke saya, saya sungguh merasa sebagai orang paling beruntung di dunia. Kenapa wa ? karena aksesnya mudah. Sehingga materi apapun yang mbak tulis bisa langsung dinikmati dan tentunya lebih menebar banyak manfaat. Ini dulu permohonan saya mbak. Berikut nomor wa saya jika mbak berkenan : +967 *** *** ***

    Mudah-mudahan mbak bisa konsisten menularkan ilmu dan diberi kesehatan selalu.

    Ditulis oleh murid yang bodoh namun tak pantang putus asa, Dzul Fahmi

    Terima Kasih

    1. Wilma Yulia says:

      dijawab lewat email

  21. jujur yang punya blognya keren.. punya whatsapp gak? belajar melalui handphone, saya butuh listening sama speaking, buat group sekalian biar makin manteb.. tolong bantu saya mrs wilma yulia

    1. Wilma Yulia says:

      whatsapp sih ada Mr.kir tapi di cek kadang-kadang aja, ga selalu onlen terus buat curcol aja mostly… pusing kalo bahas serius (pelajaran) di wa.. untuk saat ini emang belum ada tenaganya buat urus group gitu.. :| #loh kok malah curcol?

      btw makasih ya feedback dan sarannya, saya catat di otak :)

  22. Very recommended website. Penjelasannya juga sangat jelas. Semoga Allah mempermudah segalanya, aamiin. Semangat untuk ngurusnya :D

    1. Wilma Yulia says:

      aamiin..makasi banget doa dan feedbacknya Afif…oase buat saya yang lagi agak2 desperado #malah curcol
      semoga kamu juga selalu bersemangat melakukan apa yang bermanfaat buatmu ya ^^

  23. Yuliyanto says:

    Kak wilma saya devloper games saya buat games mobile untuk belajar grammar dengan bahan yang ada di web ini, boleh saya ketemu kaka wilma untuk lebih meminta ijin kk wilma.

    1. Wilma Yulia says:

      Saya ada di barat laut pulau jawa Yuliyanto :D

  24. Herlina Pangastuti says:

    blognya kerenn,

    1. Wilma Yulia says:

      Makasi Herlina..semoga sukses belajar bahasa Inggris ^^

  25. Kak Wilma, aku sudah email :-D

    1. Wilma Yulia says:

      Sudah dibalas ya Umam :B

  26. kak aku udak kirim email

    1. Wilma Yulia says:

      Sudah dibalas :D

  27. Kak buka kelas privat ga

    1. Gak ada kelas Privat Riak..kalo mau tanya “lebih privat” lewat email aja :)

    2. Kalo online class gmn kak :)

      1. sudah dilanjut di email yaa

  28. Halo ka Wilma. Boleh ga dikasih tau step-step material yang sebaiknya dipelajari terlebih dahulu, karena kan banyak banget tuh, jd bingung mulai darimana, hehe. Makasih.

    1. Halo juga Rizki.. :D
      Mudah-mudahan kamu gak kecewa ya tapi tulisan-tulisan di web ini secara umum baru sampe level sentence. Kalo kumpulan sentence paling baru nyenggol dikit di primer style. Baiklah mari kita bahas dikit. Salah satu tujuan belajar bahasa Inggris untuk membuat tulisan yang bagus kan? Menurut saya sih mau buat essay yang baik kan kudu susunan paragraph yang baik; paragraph yang baik itu disusun kalimat yang bermacam-macam (sentence variety), baik tipe (sentence type) maupun polanya (sentence pattern), juga panjang (sentence length) maupun ritmenya (rythm). Jadi perlu paham sentence type dan pattern ya utamanya.

      Nah yang perlu diperhatikan di sentence pattern apakah sudah paham komponen-komponen pembentuk pattern-nya (ada banyak sentence pattern). Mungkin ada yang sudah ada yang belum. Istilah-istilah komponen yang membentuk sentence pattern itu kayak subject, intransitive verb, transitive verb, direct object, indirect object, adverb, adjective, noun, dkk. Kalo kamu pelajari halaman sentence pattern, mungkin akan ketemu sendiri kalo ada yang kurang paham. Misalnya pattern#1: S + intransitive verb… ok paham tuh siapa mereka, tapi mungkin perlu refresh gimana persesuaian antara S dan verb.. tinggal di search pake kotak penelusuran ato cek daftar isi aja dengan keyword Subject verb (agreement). Mungkin juga kamu tertarik ama komponen di pattern#4: S + linking verb + noun/adjective, misalnya tertarik ama adjective tapi bingung mulai dari mana, coba search keyword “adjective” atau lihat halaman intro-nya adjective, disitu ada gambaran adjective secara keseluruhan.

      Kebanyakan ngomongin sentence pattern yak.. to the point deh secara umum ini beberapa topik yang layak untuk kamu pelajari duluan:
      *part of speech (conjunction, preposition, verb, adverb, adjective, noun, pronoun, interjection)
      *determiner (article, quantifier)
      *verbal (gerund, infinitive, participle)
      *S-V agreement, pronoun-antecedent agreement
      *active-passive voice
      *direct-indirect speech
      *verb tense dan sequence of tense
      *phrase (noun phrase, adjective phrase, adverbial phrase, appositive phrase, gerund phrase, dll)
      *clause (dependent: noun clause, adjective clause, adverbial clause; & independent clause)
      *sentence type, sentence pattern, sentence variety
      *conditional clause
      *phrasal verb
      *question tag
      dua terakhir penting tuh untuk bahasa Inggris yang natural

      Langsung action..kalo ada yang mau didiskusikan bilang aja :)

  29. Reni Pratiwi says:

    terima kasih :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *