Contact

Jika kamu ada pertanyaan, saran, atau kritik tentang wordsmile.com silakan isi formulir di bawah ini denganΒ menyebutkan nama aslimu.

    79 thoughts on “Contact”

    1. Halo Kak Wilma!

      Terima kasih banyak untuk website yang sangat bermanfaat ini<3
      Saya selalu mengunjungi webiste Kak Wilma sejak saya kuliah semester 1 ketika saya menghadapi kesulitan untuk memahami materi. Dan sekarang saya menurunkan ilmu nya kepada murid-murid saya. Terima kasih banyak, Kak Wilma! Semoga sehat selalu dan selalu dalam lindungan Allah SWT, aamin:)

      Reply
      • Sama-sama Rafikah. Wah dah lama ya buka websitenya dari yang masih semester satu sampai sudah mengajar πŸ˜€
        Makasih ya doanya πŸ˜€ semoga sukses dan sehat selalu juga untuk kamu…AAMIIN.

        Reply
    2. Hello, Wilma Yulia! I am Lulu from Bogor. For the last two years of teaching, I used the material from your blog and ask my students to check your websites related to our discussion in class. All of your postings are easy to understand. You really pay attention to detail such as the color of the tables, words and the way you deliver English through the pictures. I always want to ask everyone who inspires me like your private life, yet you are not allowed or even mention your social media on the Contact of wordsmile.com. However, I am excited that you allow everyone send you message. I won’t ask your private life. I just wonder, who inspires you making this unique website? What is your educational background? Is your job related with what you’re doing here on your website?

      I love English so much. I really thank to you for this engaging website you provide. Looking forward your response, thanks in advance!

      Reply
      • Hi Lulu!

        I’m sorry for the late reply. First of all, I want to say thank you for your message. Such a beautiful message from a passionate English teacher that really made my day. I’ve been thinking about it constantly since I received it but I’m terrible with words. I’m glad to hear that this simple website has a good impact on others. From time to time, I try to improve all the pages because I know they are far from perfect. I always want to create social media accounts for wordsmile but I don’t feel ready at the moment (talking about myself is even more difficult -_-) as I’m busy doing something else. Having those accounts seem to take more commitment and responsibility to meet user satisfaction.

        Before I created this website, I wondered what topics that would attract lots of visitors and would make a positive impact on their life. I believed English was one of the topics. As time goes by, I always think about how to make this site better. I try to put myself in their shoes. If I were them, I would enjoy a site with faster (Internet connection speed in Indonesia is improving :D) and lighter pages (mobile data plans are getting cheaper :d), and most importantly, which is helpful. Let’s say who inspires me the most is someone like me, who expects a good user experience. I studied engineering and was an engineer for a while. That helps me to keep thinking about efficiency haha.

        I wish you all the best for your teaching career. πŸ™‚

        Reply
    3. Assalamualaikum Wr. Wb.

      Selamat siang kepada pemilik dan penulis di situs wordsmile.com ini.
      Pertama, saya sebagai guru sangat merasa terbantu dengan adanya wordsmile.com ini. Penyajian materi yang lugas dan jelas membuat saya tidak ragu untuk meneruskan materi-materi di sini kepada siswa-siswi saya.

      Kedua, di masa pandemi covid-19 ini saya mulai merubah pola pembelajaran kepada siswa-siswi saya dengan membuat materi pembelajaran dalam bentuk video dan diteruskan melalui channel youtube yang saya miliki.

      Ketiga, selain ingin menyampaikan rasa terima kasih yang tak terhingga, saya juga ingin menyampaikan permohonan izin untuk menggunakan beberapa atau sebagian konten-konten di situs ini untuk saya cantumkan di video pembelajaran saya di youtube.

      Mohon kiranya Pemilik/penulis di situs ini dapat melihat contoh/hasil pembuatan materi berupa video menggunakan beberapa materi yang saya screenshoot dari situs ini, berikut adalah linknya:
      https://www.youtube.com/watch?v=9wJov6ZE5lo

      Mohon kiranya saya dapat menerima izin untuk menggunakan materi-materi di situs ini sebagai sumber referensi atau bahkan menggunakan beberapa halaman (untuk di screenshoot) di video-video pembelajaran saya berikutnya.

      Terima Kasih.

      Reply
      • Walaikumussalam wr wb

        Selamat malam Agus πŸ˜€ Terima kasih ya atas feedbacknya yang luar biasa. You really made my day!
        Wordsmile.com sesungguhnya hanyalah website sederhana tempat saya membuat catatan bahasa Inggris secara online namun jika ada materi yang dirasa berguna, silahkan saja dimanfaatkan, Agus. Saya senang bisa membantu secara “tidak langsung” πŸ™‚

        Saya sudah lihat youtubenya. Bagus ya πŸ˜€ (sampai detik ini saya belum mampu buat video youtube) dan memang pola belajar online orang sekarang sudah terpecah tidak hanya melalui artikel, melainkan juga podcast dan video.

        Semoga sukses selalu untuk kamu πŸ™‚

        Reply
    4. You have a cool and interesting website for a person that who want to learn english more effective and also i would be glad if i can see you sharing a tips about learning english on youtube or instagram.

      Reply
    5. Hai wilma yulia..i started learn english just a few month ago..buat have no idea where i should start.. it is tenses? Part of speech or anything else. Would you mind to to create step by step which topic i should start first? Because to many topic i have to learn and i want to make my study english step by step to make it more efficient, instead of jump for 1 topic to another with no correlation with previous topic.

      Thanks in advance

      Reply
    6. Website yang sangat bagus. Tampilannya sederhana sehingga tidak mengganggu.
      Saya senang bisa belajar disini. Karena setiap istilah yang tidak familiar terlink dengan bagus. I recommend this website.
      Semoga sukses selalu.
      Terimakasih

      Reply
      • Terima kasih kunjungan, komen, dukungan, dan doanya Arrafi.. buat saya makin semangat dan berusaha meluruskan niat haha. Semoga sukses juga untuk Arrafi dalam segala hal aamiin πŸ™‚

        Reply
    7. Hi… saya penasaran dengan Daftar Isi di blog ini. Maksud saya bagaimana cara nya membuat Daftar Isi berdasarkan alphabet seperti di blog ini?

      Terima kasih sebelumnya.

      Reply
    8. Hi kak Wilma, salam kenal dan sudah beberapa kali sih cek-cek referensi di sini. Boleh izin ambil materinya sebagai referensi mengajar ya?

      Reply
      • Yang mengemukakan teori noun phrase Surya? pencetusnya saya juga ga tau Surya πŸ™ saya hanya menulis dari beberapa referensi. Wah buat skripsi tentang noun phrase ya..semoga lancar ya ^^

        Reply
    9. Kakak jual buku ga? Atau saran buku yg bagus utk belajar bahasa inggris? Makasih ya kak sdh berbagi ilmu πŸ™‚

      Reply
      • Maaf Shavira baru balas πŸ™ Saya ga jual buku Shavira, dan buku yang bagus saya kurang tau juga karena gak ada yang spesifik saya baca (dari books.google.com). Nah kalo website English baru saya bisa kasih referensi πŸ˜€ favorit saya antara lain dictionary.cambridge.org, oxfordlearnersdictionaries.com, dan learnersdictionary.com. Itu website grammar / kamus untuk pelajar hehe.

        Reply
    10. HALLO kak..
      facebook kak ada tidak atau dari gmail saya kirim pesan biar saya lebih paham tentang bahasa inggris πŸ™‚

      Reply
    11. Hi mbak Wilma boleh minta nomor WhatsApps nya ga? Saya mau beljar bahasa inggris setiap saat dan dimana saja sepertinya akan lebih efektif dengan WhatsApp. Terima kasih.

      Reply
    12. Kak, cuma mau bilang terima kasih sudah bikin blog ini. Lengkap banget dari paling dasar sampai yg paling susah. Semoga sukses terus ya kak, jangan berhenti ngepost nya karna saya hampir setiap hari pasti buka blog ini. Sekarang lagi memperdalam tenses dan dari semua website/blog yg pernah saya buka punya kakak paling lengkap.
      Semoga ke depannya di perbanyak quiz2 nya kak jadi bisa belajar lagi
      Terima kasih banyak kak.

      Reply
      • Sama-sama Mia..makasih juga ya sudah repot-repot kasi feedback, dukungan, dan sarannya untuk website super sederhana ini =’) saya juga masih butuh banyak belajar banget, semoga kemampuan bahasa Inggris kita terus meningkat ya, gak bosen belajar bahasa Inggris πŸ˜€ semoga kamu lancar terus belajarnya ya πŸ™‚ I wish you all the best πŸ™‚

        Reply
    13. Kak.. mau tanya boleh ? Aku baru belajar banget tata bahasa inggris padahal udah lulus sma. Aku udah liat sekilas beberapa bahasannya di blog kaka, tapi aku gak ngerti kak harus mulai belajar dari mana ? πŸ™
      Mohon di bantu~ terimakasih

      Reply
    14. Assalamualaikum kak..
      Terima kasih atas websitenya yang sangat bermanfaat untuk saya.
      kak, saya mau menanyakan tentang materi adjective of urgency.
      bisa lihat di judul yang mana ya kak?
      Terima Kasih
      Wassalamualakum

      Reply
    15. Assalamualaikum
      Halo kak Wilma, boleh sharing lebih intens ng’gak kak? Kalau boleh tolong kontak saya lewat e-mail ya kak..
      Saya soalnya suka belajar eang ng’gak terlalu formal..

      Dan makasih atas semua materi”nya kak, sangat membantu sekali, apalagi buat seperri saya eang jadi maba Pend. Bahasa Inggris..

      Reply
      • waalaikumssalam Alex

        Makasih juga ya uda berkunjung dan meninggalkan komen πŸ™‚

        dulu ada via email Alex..tapi kalo sekarang belum sanggup lagi euy handlenya, lewat sini aja ya πŸ™‚

        Reply
    16. Assalamu’alaikum kak. Sebelumnya saya apresiasi banget nih kak websitenya. Luarbiasah banget. Namun nih kak, saya ingin belajar disini tapi bingung mau mulainya dari mana kak. hehe. kalau bisa sih kak dibuatin learning track buat belajar bahasa inggris nya kak, dari paling dasar ke paling advance. karena nih kak, kebanyakan yang membuat orang tuh suka susah dalam belajar itu adalah tidak nguasain dasarnya kak. hehe overall Good Job ya kak, Semoga Berkah.

      Reply
      • Wa’alaikumussalam Rifki..makasih juga ya kunjungannya dan mau repot2 kasih apresiasi πŸ™‚
        sebenarnya saya juga agak bingung kalo diminta bikin learning track yang detail Rifki. Saya cenderung mengarahkan untuk belajar materi yang biasa di TOEFL dulu, siapa tau pembaca jadi bisa melihat gambarannya dan memantik ketertarikan juga untuk menelusuri materi lebih rincinya. Mungkin bisa kamu lihat di https://www.wordsmile.com/frequently-asked-questions no. 1. Saya sudah mulai sih masuk ke materi paragraph, tapi lagi mandek hehe…jadi coba lihat-lihat word-sentence level dulu. Semoga membantu dan jangan segan untuk diskusi lagi πŸ™‚

        Reply
    17. Mba punya versi offlinenya ga? Misal dalam bentuk cd atau download bentuk pdf. Terimakasih karna sangat membantu

      Reply
    18. Terima kasih banyak mbak wilma yulia, saya sebagai pelajar sejauh ini sangat terbantu adanya website ini, terima kasih banyak sudah berbagi
      Dan semoga bisa terus bermanfaat ya ☺

      Reply
      • Sama-sama Rifqi makasih juga ya feedbacknya..kalau ada yang mau didiskusikan jangan segan-segan ^^ Semoga kita bisa sukses meningkatkan kemampuan bahasa Inggris

        Reply
    19. cuma bisa ucapin terimaksih banyak, websitenya sangat bermanfaat, hanya saja pemula seperti saya masih bingung mulai dari mana! thanks for sharing! god will be reciprocate your kindness!

      Reply
    20. Halo Kak, boleh enggak kpn2 dibikin urutan gitu artikel dari awal ampe akhir–dari pemula ke tingkat mahirΒΏ Soalnya pemula seperti saya ini pengen belajar Bahasa Inggris secara autodidak. Sy jd bingung mau mulai dari mana.

      Makasih ya.

      Reply
    21. Website yang bagus dan berguna, sangat membantu bagi para pelajar, mahasiswa dan umum yang ingin mendalami lebih lanjut mengenai bahasa Inggris.

      Terima kasih sudah berbagi.

      Reply
      • Sama-sama Hanto..terimakasih ya feedbacknya, sangat berarti buat saya. Semoga kemmampuan bahasa Inggris kita semua terus meningkat ya ^^

        Reply
    22. Hi kak wilma..
      Mau tanya nih, kalau dalam bahasa inggris nama SMA ditulis bagaimana ya ?
      Misal nama SMA
      – SMA 13 Citra Makassar
      – SMK PGRI 5 Makassar
      Mohon bantuannya ya kak ??

      Reply
    23. Hallo kak Wilma Yulia πŸ˜€ , ada yang ingin saya tanyakan mengenai noun. Yang menjadi pertanyaannya adalah bagaimana kita bisa menentukan dengan mudah apakah noun itu masuk dalam countable/uncountable ? Apa yang menjadi parameternya?? seperti gula (sugar) itu termasuk uncountable. Apakah karena gula (sugar) tidak mudah untuk dihitung hehehhe πŸ˜€

      Reply
    24. kak wilma yulia,blog kaka dan materi nya bagus banget,terima kasih ka:-D

      dan aku mau juga mau tanya apakah ada materi kaka berformat pdf??trima kasih

      Reply
      • halo Sid..makasi ya uda baca-baca dan ninggalin feedback πŸ˜€

        Format pdf lum ada sih tapi kalo kamu butuh bantuan tentang materi apa-apa gitu bilang aja, mungkin bisa saya bantu kompilasi πŸ™‚

        Reply
    25. Good job Wilma Yulia! Saya salut dengan orang2 seperti Anda yang secara sukarela membagi ilmunya. Btw, saya sendiri berencana mengikuti jejak Anda, tapi di bidang dan subjek berbeda. Karya Anda disini sangat membantu saya dalam mengerjakan subjek saya tentang materi tes PKN STAN. If u read this, please check your email!

      Btw, kita sama2 dari Bandar Lampung

      Reply
      • Makasih Yudha apresiasinya (wah ada sesama dari lampung).. memang berbagi itu menyenangkan ya?
        semoga kamu juga lancar ya nyusun materi PKN nya ^_^ btw saya cek imel emang ada apa ya? maaf ya lambat balasnya

        Reply
    26. Salam Kak Wilma Yulia

      Aku adalah orang yang baru aja membulatkan tekad belajar Bahasa Inggris sekitar 2 bulan lalu. Selain ikut kursus kecil-kecilan, aku juga baca buku grammar secara otodidak. Terkadang aku juga melampiaskan dahaga keingintahuanku tentang Inggris melalui googling.

      Dan gak sengaja aku nemuin web Kakak wordsmile.com. Bukan bermaksud basa basi, sungguh saya menyesal kenapa baru mengetahui ada web sebagus ini. Grammar English yang bagi sebagian orang membosankan itu, di tangan Mbak menjadi begitu gurih. Saya jadi ingin belajar lebih intens dengan mbak. Membaca materi materi yang mbak tulis. Dan tentu saja, bertanya jawab jika memang mbak berkenan.

      Maka jika mbak berkenan memberikan nomor Whatsapp mbak ke saya, saya sungguh merasa sebagai orang paling beruntung di dunia. Kenapa wa ? karena aksesnya mudah. Sehingga materi apapun yang mbak tulis bisa langsung dinikmati dan tentunya lebih menebar banyak manfaat. Ini dulu permohonan saya mbak. Berikut nomor wa saya jika mbak berkenan : +967 *** *** ***

      Mudah-mudahan mbak bisa konsisten menularkan ilmu dan diberi kesehatan selalu.

      Ditulis oleh murid yang bodoh namun tak pantang putus asa, Dzul Fahmi

      Terima Kasih

      Reply
    27. jujur yang punya blognya keren.. punya whatsapp gak? belajar melalui handphone, saya butuh listening sama speaking, buat group sekalian biar makin manteb.. tolong bantu saya mrs wilma yulia

      Reply
      • whatsapp sih ada Mr.kir tapi di cek kadang-kadang aja, ga selalu onlen terus buat curcol aja mostly… pusing kalo bahas serius (pelajaran) di wa.. untuk saat ini emang belum ada tenaganya buat urus group gitu.. 😐 #loh kok malah curcol?

        btw makasih ya feedback dan sarannya, saya catat di otak πŸ™‚

        Reply
    28. Very recommended website. Penjelasannya juga sangat jelas. Semoga Allah mempermudah segalanya, aamiin. Semangat untuk ngurusnya πŸ˜€

      Reply
      • aamiin..makasi banget doa dan feedbacknya Afif…oase buat saya yang lagi agak2 desperado #malah curcol
        semoga kamu juga selalu bersemangat melakukan apa yang bermanfaat buatmu ya ^^

        Reply
    29. Kak wilma saya devloper games saya buat games mobile untuk belajar grammar dengan bahan yang ada di web ini, boleh saya ketemu kaka wilma untuk lebih meminta ijin kk wilma.

      Reply
    30. Halo ka Wilma. Boleh ga dikasih tau step-step material yang sebaiknya dipelajari terlebih dahulu, karena kan banyak banget tuh, jd bingung mulai darimana, hehe. Makasih.

      Reply
      • Halo juga Rizki.. πŸ˜€
        Mudah-mudahan kamu gak kecewa ya tapi tulisan-tulisan di web ini secara umum baru sampe level sentence. Kalo kumpulan sentence paling baru nyenggol dikit di primer style. Baiklah mari kita bahas dikit. Salah satu tujuan belajar bahasa Inggris untuk membuat tulisan yang bagus kan? Menurut saya sih mau buat essay yang baik kan kudu susunan paragraph yang baik; paragraph yang baik itu disusun kalimat yang bermacam-macam (sentence variety), baik tipe (sentence type) maupun polanya (sentence pattern), juga panjang (sentence length) maupun ritmenya (rythm). Jadi perlu paham sentence type dan pattern ya utamanya.

        Nah yang perlu diperhatikan di sentence pattern apakah sudah paham komponen-komponen pembentuk pattern-nya (ada banyak sentence pattern). Mungkin ada yang sudah ada yang belum. Istilah-istilah komponen yang membentuk sentence pattern itu kayak subject, intransitive verb, transitive verb, direct object, indirect object, adverb, adjective, noun, dkk. Kalo kamu pelajari halaman sentence pattern, mungkin akan ketemu sendiri kalo ada yang kurang paham. Misalnya pattern#1: S + intransitive verb… ok paham tuh siapa mereka, tapi mungkin perlu refresh gimana persesuaian antara S dan verb.. tinggal di search pake kotak penelusuran ato cek daftar isi aja dengan keyword Subject verb (agreement). Mungkin juga kamu tertarik ama komponen di pattern#4: S + linking verb + noun/adjective, misalnya tertarik ama adjective tapi bingung mulai dari mana, coba search keyword β€œadjective” atau lihat halaman intro-nya adjective, disitu ada gambaran adjective secara keseluruhan.

        Kebanyakan ngomongin sentence pattern yak.. to the point deh secara umum ini beberapa topik yang layak untuk kamu pelajari duluan:
        *part of speech (conjunction, preposition, verb, adverb, adjective, noun, pronoun, interjection)
        *determiner (article, quantifier)
        *verbal (gerund, infinitive, participle)
        *S-V agreement, pronoun-antecedent agreement
        *active-passive voice
        *direct-indirect speech
        *verb tense dan sequence of tense
        *phrase (noun phrase, adjective phrase, adverbial phrase, appositive phrase, gerund phrase, dll)
        *clause (dependent: noun clause, adjective clause, adverbial clause; & independent clause)
        *sentence type, sentence pattern, sentence variety
        *conditional clause
        *phrasal verb
        *question tag
        dua terakhir penting tuh untuk bahasa Inggris yang natural

        Langsung action..kalo ada yang mau didiskusikan bilang aja πŸ™‚

        Reply

    Leave a Comment