About

www.wordsmile.com merupakan website referensi belajar grammar English. Situs ini mencoba menyajikan pembahasan tentang grammar secara objektif dan terstruktur. www.wordsmile.com baru mulai dipublikasikan sekitar awal Februari 2012.

Konsep dari www.wordsmile.com ini sebenarnya sederhana saja. Katakanlah saya sedang belajar English. Saya mencari bahan-bahan belajar saya dari berbagai .edu sites dan buku-buku. Agar “ilmu baru” itu terus melekat, saya menuliskannya kembali dengan menarik benang merah dari beragam sumber tersebut. Karena ini sudah 2013, maka tidak saya tulis di atas kertas, melainkan blog. Jika orang lain bisa mendapat manfaat dari tulisan ini, saya senang sekali. :)

Namun saya selaku admin hanyalah manusia biasa, seorang pembelajar. Masih begitu banyak kekurangan dari website ini, baik berupa materi maupun teknis website ini sendiri. Kritik, saran, maupun pertanyaan sangat saya harapkan untuk perbaikan dan kemajuan wordsmile kedepannya yang dapat disampaikan melalui email atau mengisinya pada feedback form di bawah. Semoga website ini bermanfaat bagi kita semua.
with love,

Wilma Yulia
contact

83 thoughts on “About”

    • Aamiin. Makasih banyak feedback dan doanya Gandri. Semoga sukses juga buat kamu dalam pendidikan/karir =)

  1. Nice Blog….
    Saya sudah belajar dari blog ini sejak 2013…
    Alhamdulillah blognya Sangat membantu…
    Ada versi bukunya gak mbak?

    • Halo Mustofa makasih ya feedbacknya. Salam kenal ya :D

      Wah lama banget ya dari 2013 karena website ini publishnya pun 2012. Makasih juga uda mampir-mampir selama ini ke website sederhana ini. Tentang versi bukunya sayangnya gak ada Mustofa. Semoga sukses selalu dalam segala hal :)

      • oww mbk ternyata jg dulu kursus sana sini jg to..hehe ..pantes mbk..aku dibuat penasaran..
        aku jg lg kursus bhs inggris mbk..tp kecewa..n sudah ku duga..meskipun ada peningkatan pemahaman dalam memahami structure grammar inggris ny..
        .apakah kursus semua gtu y mbk ..hrs di coba sana sini ..biar komplet bisa bhs inggris nya..krn satu kursus itu kurang bisa menghandle paket komplit
        sy mo tnya mbk ..krn pertnyaan ini gk di jwb oleh guru kursus online sy..pdhl sdh bayr..
        gmana cara memahami kalimat menerangkan-diterangkan dlm bhs inggris..klo dua kata si sy masih paham adjective kemudian di ikuti noun..klo sudah 3 kata misal ” long term damage” atau “ertiga strong fundamental” sy bingung kapan menggunakannya rumus menerangkan diterangkannya..maaf kpanjangan mbk

      • Halo Nugra…Gapapa panjang haha saya malah senang ada yang mau diskusi xD

        Iya saya kursus sana-sini bertahun-tahun haha xD Saya tidak tahu sih apa ada kursus yang bisa paket komplit gt, apalagi keterbatasn waktu ya :| Paling-paling 2 jam gitu kan berapa kali seminggu. Menurut saya memang kudu kita yang proaktif. Kursus bisa sebagai gambaran umum tapi kita yang kudu eksplorasi sendiri detail dan praktek sehari-harinya. Mungkin cari kenalan native speaker dari website pertemanan internasional seperti interpals.net. Kalo dapat kenalan yang nulisnya grammatical bgt sampe tiap kalimat dikasi titik wah lumayan tuh xD

        Wah sayang ya pertanyaan kamu gak dijawab guru kursus. :( Mungkin bingung menyampaikannya kali ya. Si Long-term damage itu yang saya lihat terdiri dari long-term (adjective: https://dictionary.cambridge.org/dictionary/english/long-term) dan damage (noun). Long-term sendiri merupakan compound adjective dengan pola adjective+noun. Contoh lainnya: last-minute, high-end, dan high-speed. Jadi kalo masi 1 adjective + noun (long-term damage) masi sederhana ya Nugra noun phrase nya :D Kita perlu mengetahui bagaimana menyusun noun phrase, baik yang sederhana, maupun kompleks. Panduan penyusunannya ada Nugra :D

        Kalo noun phrase dengan beberapa adjective, kita perlu memahami adjective order, yaitu urutan normalnya adjective berdasarkan kategori (opinion – size – physical quality – shape – age – color – origin – material – type – purpose). Jadi tidak pasti begitu juga prakteknya di lapangan. Untuk memastikan kita bisa googling. Contoh penggunaan adjective order: old wooden chairs (old: age; wooden: material)

        Tentang ertiga strong fundamental, saya gagal paham ertiga itu apa Nugra? Mungkin ada contoh lain yang bisa kita bedah?

      • oh ya sy paham klo urutan kat2 adjective nya mbk..
        ertiga itu nama model mobil suzuki mbk jadi itu masuk kata benda y mbk ?
        klo kalimat ini mbk
        “platform daihatsu new global architecture”
        daihatsu (merk mobil) = noun
        new = adjective
        Global = adjective
        architecture = noun

        jadi gmana mbk itu ? agk bingung kata benda nya d dpn n blkang
        jadi pembhasan masalah grammar yg kita bahas dsebut noun phrase mbk?

      • Halo Nugra… kamu dapat kata-kata itu di artikel kah? Mungkin bs tunjukkin full textnya (kalimat sempurna atau paragraf) gt karena saya juga bingung haha. Buat saya sih kurang umum, apa bahasa marketing.

      • Maaf banget Nugra baru balas :(

        Daihatsu New Global Architecture

        Architecture itu noun jadi kata-kata itu mungkin bisa dibilang noun phrase dengan Daihatsu (pre-modifier (noun lain)), New dan Global (post-modifier (adjective)). Semoga membantu.

  2. Waduuuh ternyata website ini sdh lama ada ya. Knp baru skr saya taunya? Kemana aja saya selama ini? Well, mulai saat ini saya akan sering2 tengok webst ini. Makasih banyak sdh mau berbagi. ◉‿◉

    • Wahahaha.. mungkin karena website sejenis banyak Arry makanya baru ketemu sekarang XD. Makasih juga ya uda mampir. Semoga kemampuan bahasa Inggris kita terus bertambah :)

  3. Do you have an instagram account?
    If you have, please let me know what is the name of your instagram account?
    So i can follow you on instagram.

    • I’m so sorry Affanda. I’ve got an instagram account but there’s almost nothing there. I made it merely to see a photo/story of me in a friend’s account.

  4. Keren banget websitemu. Thanks ya. Biar lebih OK, bahasan mengenai academic writing diperbanyak baik utk IELTS, TOEFL, atau essay

    • Makasih apresiasi dan sarannya Haikal. Bagus banget sarannya dan tentu saya pikirkan. Semoga bahasa Inggris kita makin bagus ya =)

Leave a Comment